Senin, 07 Januari 2008

Hari Pertama di Rumah Sakit Hasan Sadikin

Hari pertama kuliah praktek, masuk jam 07.00, kemudian di sambut dengan pretest tanpa pemberitahuan. Trus tour keliling RSHS dengan perkenalan ke tiap-tiap depo farmasi yang akan dimasuki selama KP, Jalan-jalannya sih pake jas putih (jas lab).
Ketika jalan-jalan di RSHS, bisa mengkategorikan orang-orang yang ada disana, Pasien, Penjeguk, dokter, dokter coass, apoteker, dan anak-anak KP. Kalau paseien biasanya sangat terlihat sedang merasakan kesakitan atau sedang memiliki tubuh yang tidak fit, kalau penjenguk juga terlihat dari wajah mereka yang berempati terhadap kesakitan orang terdekatnya. Dokter residen, biasanya mereka pake jas yang agak tebalan kadang-kadang berlengan pendek. Dokter coass, seperti biasanya mereka juga mengunakan jas putih dan pada umumnya panjang seperti jas yang kumiliki. Apoteker biasanya hampir mirip dengan pegawai rumah sakit yang lainnya dan terakhir anak-anak apoteker yang sedang KP, biasanya memiliki komunitas yang sangat sedikit karena memang mereka sangat sedikit, biasanya orang ini sangat malu-malu dan kadang-kadang rame sendiri, dari wajahnya mereka juga ingin dirasakan keberadaannya. Tapi yang pasti awal masuk sudah merasakan bagaimana perjuangan dari satu depo ke depo yang lain, kadang-kadang ada depo yang asisten Apotekernya yang jutek banget yang ga mau senyum walaupun sudah dikasi senyum yang termanis...
Bersyukur banget dapet di RSHS, walaupun punya banyak tugas yang ga tanggung-tanggung tapi lebih mengerti mengenai aplikasi farmasi di masyarakat. Walaupun nanti ga akan kerja di RS tapi dah tahu dan mengerti bagaimana Apoteker kerja diRS.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Gimana ya senyum termanisnya???? hahahhah. semoga mendapatkan pengamalan yang berharga dalam kerja praktek; pengamalan dalam menahan emosi untuk membuat orang lain bahagia. suksesnya nduk.