Jumat, 19 Juni 2009

Stroke

Kata ini sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Apalagi keluarga say, penyakit stroke seperti bukan penyakit yang membahayakan, padahal karena penyakit inilah beberapa anggota keluargaku tak berdaya. mekanisme terjadinya stroke seperti gambar dibawah ini:

Berawal dari penumpukan lemak yang di dinding-dinding pembuluh darah, kemudian semakin lama semakin banyak dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, nah ketika volume darah meningkat maka di butuhkan pipa atau saluran yang besar, maka mau tidak mau karena pipa (pembuluh darah ) sudah mengecil sehingga untuk menyeimbangkan semuanya jantung harus memompa sangat cepat supaya aliran yang menyebabkan pembuluh darah robe. Robekan tersebut mengeluarkan darah dan akhirnya terjadilah penyumbatan.bila pembuluh darah janjung yang kesumbat maka akan terjadi penyakit jantung koroner, bila pembuluh darah yang di otak yang kesumbat terjadilah stroke.

Di keluarga saya sudah sangat terbiasa mengkonsumsi makan-makan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti santan, durian, kambing, dll. Maklum orang sumatera utara, semua makan disana sangat enak, semuanya bernuansakan lemak-lemak dan miyak-minyak. intinya semua makanan yang berlemak memang selalu enak, tapi imbasnya kedalam tubuh kita yang seperti memasukkan racun dalam tubuh sendiri. Karena kebiasaan ini sangat sulit sekali di lawan, mereka lebih memilih sakit daripada tidak ikut makan makan tersebut. Saya sendiri selaku anak sudah selalu mengingatkan ayah ku (terutama, karena dari keluarga ayahku semuanya sudah kterkena stroke) supaya tidak makan-makan segala sesuatu yang berbau santan, dia hanya boleh makan-makanan rebusan tapi ternyata tidak bisa. Wal hasil kita sebagai anak-anaknya pake cara lain, yaitu dengan menghentikan segala sesuatu yang membebani pikiran. karena stres bisa memicu denyut jantung semakin kencang atau cepat, yang dikhawatirkan akan menyebabkan penutupan pembuluh darah. selain itu juga kita meminta ayah untuk selalu olah raga, mungkin olah raga ayahku adalah jalan-jaln keliling kebunnya.

Selain itu masih banyak lagi penyebab-penyebab stroke...tapi ini dari semua penyakit adalah makan....

Yuk kita cegah stroke sekarang juga. Melalui diri kita dahulu. Hentikan makan-makan yang berlemak dan berminyak tinggi, supaya sampai ajal nanti menjemput hidup kita tetap produktif.

Tidak ada komentar: